Akhirnya Rohul Punya Sekda Definitif. Sebelumnya 2 Kali PLH

oleh -
pelantian-sekda-rohul
Bupati Rohul, Sukuman, melantk M. Zaki sebagai Sekda Rohul

ROHUL, RIAU (gardaberita.com) — Setelah dua kali dipercaya sebagai Pelaksana Harian (PLH) Sekretaris Daerah (Sekda) Rokan Hulu (Rohul), akhirnya Muhammad Zaki, S. STP, M. Si resmi dilantik sebagai Sekda Rohul, Selasa (19/4/2022).

Pelantikan dan pengambilan sumpah jabatan oleh Bupati Rohul Sukiman di Pendopo Rumah Dinas Bupati disaksikan oleh Wabup Rohul. Indra Gunawan, Ketua TP PKK Rohul, Peni Herawati, Ketua GOW Rohul, Sri Yulita, Kepala OPD Pemkab Rohul, Forkopimda dan tokoh masyarakat setempat.

Sebelumnya, Pansel JPTP Sekretaris Daerah Rohul merekomendasikan tiga nama diantaranya, Asisten I Bidang Pemerintahan dan Kesejahteraan Rakyat Fatanalia Putra dengan nilai akhir 76.90, Kepala Dinas Pendidikan Pemuda Dan Olahraga Margono dengan nilai akhir 76.84 dan Kepala BKPP Rohul yang saat ini juga menjabat sebagai Pj Sekda Rohul Muhamad Zaki dengan nilai akhir 82.59.

Dalam sambutannya, Bupati Rohul, Sukiman menegaskan, proses seleksi jabatan Sekda Rohul dilakukan secara objektif dan tidak ada intervensi apalagi didasari pada agama, gender, suku, ras dan golongan.

Menurutnya, dipilihnya Zaki sebagai Sekda Rohul didasarkan terhadap kompetensi, kinerja, dan pengalaman serta dinyatakan lulus seleksi baik manajerial maupun bidang sesuai ketentuan Undang-undang dan Perpres Nomor 3 Tahun 2018 tentang penjabat sekretaris daerah.

Kata dia, terpilihnya Zaki sebagai Sekda Rohul definitif merupakan momentum yang penuh sejarah. Pasalnya, sebelum menjadi sekda definitif Muhamad Zaki pernah 2 kali ditunjuk sebagai Pelaksana Harian dan terakhir Penjabat Sekda.

Sukiman mengingatkan akan tantangan besar yang akan dihadapi pemerintah ke depan terutama dinamika globalisasi dan informasi yang terus tumbuh dengan pesat serta tidak terbatasnya kemajuan ilmu pengetahuan dan teknologi.