Anda Terlambat Vaksin Dosis Kedua ? Ini Kata Vaksinolog

oleh -
dr-dirga-sakti-rambe
dr Dirga Sakti Rambe (Gardaberita-istimewa)

SIAK, RIAU (gardaberita.com) – Bagi anda yang telah menjalani vaksin dosis pertama tapi terlambat mendapatkan suntikan vaksin dosis kedua, tentunya risau dan gamang kan ?

Tapi, Vaksinolog, dr. Dirga Sakti Rambe, M.Sc, Sp.PD , menyebut, keterlambatan vaksin tahap kedua bukan hal yang harus dikhawatirkan. Kenapa ? simak penjelasannya dr Dirga sebagaimana siaran pers yang diterima redaksi gardaberita.com, Rabu (11/8/2021) dari Kemenkominfo & KPCPEN berikut ini.

“Masyarakat perlu menyadari situasi saat ini. Sekarang stok vaksin COVID-19 tidak banyak dan datang secara bertahap”, ujar Dirga

Baca Juga;  Guru dan Staf SMA N 1 Kampar Kiri Hilir Divaksin Tahap Pertama.

Kondisi inilah , kata dia, yang membuat pemerintah memprioritaskan vaksinasi dosis pertama terlebih dahulu. Dengan vaksinasi dosis pertama,diharapkan seseorang sudah punya antibodi walau belum optimal.

Dalam sudut pandang keilmuan, lanjutnya, apa yang dilakukan pemerintah saat ini agar di kalangan masyarakat tercipta perlindungan di level tertentu meski belum mendapat vaksinasi lengkap dua kali. Setelah itu secara bertahap sesuai dengan ketersediaan vaksin, barulah dilengkapi dengan vaksin dosis kedua.

Baca Juga;  Vaksinasi Masal Di Asahan Dipantau Langsung Wabub dan Forkopimda

Dirga tidak menampik, kondisi tersebut berpengaruh terhadap proteksi yang ditimbulkan antibodi tubuh, karena seseorang akan terlindungi secara menyeluruh ketika sudah lengkap mendapatkan vaksin.