Awal Ramadhan Berpotensi Berbeda, Menag Terbitkan Edaran

oleh -
dirjen-bimas-islam-kemenag-kamaruddin-amin
Dirjen Bimas Islam Kamaruddin Amin (ft.kemenag)

JAKARTA (gardaberita.com) – Penetapan Awal Ramadhan 1445 Hijriah diindikasikan bakal berbeda antara pemerintah dengan Muhammadiyah. Pasalnya Muhammadiyah telah menetapkan awal Ramadhan 1445 Hijriah pada Senin 11 Maret 2024, sedangkan Pemerintah hingga saat ini, Ahad (10/3/2024) masih menggelar sidang isbat usai pelaksanaan pemantauan hilal di 134 titik di seluruh Indonesia.

Memantau siaran langsung sidang isbat yang digelar Kementerian Agama Republik Indonesia melalui kanal youtube Bimas Islam Kemenag, Ahad (10/3/2024) sore, sidang isbat penetapan 1 Ramadhan 1445 Hijriah digelar di Auditorium HM Rasjidi Kemenag, Jakarta Pusat.

Sidang isbat melibatkan Tim Hisab dan RukyatKemenag dihadiri oleh perwakilan ormas Islam, dan duta besar negara sahabat, perwakilan Badan Riset dan Inovasi Nasional (BRIN), Badan Meteorologi, Klimatologi, dan Geofisika (BMKG), Majelis Ulama Indonesia (MUI) dan Komisi VIII RPR RI.

Baca Juga;  Siak Resmi Adakan Program Sidang Itsbat Nikah Keliling

Melalui sidang isbat ini, pemerintah akan menetapkan pada hari apa jatuhnya tanggal 1 Ramadhan 1445 Hijriah.

Keputusan sidang isbat akan diambil mengacu pada hasil pantauan atau rukyatul hilal yang digelar di 134 lokasi di seluruh Indonesia.

Direktur Jenderal (Dirjen) Bimbingan Masyarakat Islam Kemenag, Kamaruddin Amin mengatakan sidang isbat merupakan layanan keagamaan bagi masyarakat untuk mendapat kepastian mengenai pelaksanaan ibadah puasa.

Baca Juga;  Kemenag : 1 Ramadhan 1444 H Jatuh Pada Kamis 23 Maret 2023

Kata dia, sidang isbat ada tiga tahap , dimulai dengan pemaparan posisi hilal, dilanjutkan dengan sidang isbat penetapan, dan berikutnya konferensi pers.

Pemaparan posisi hilal dilaksanakan mulai pukul 17.00 WIB berdasarkan hasil hisab (perhitungan astronomi) oleh Tim Hisab dan Rukyat Kemenag. Selain data hisab yang akan dipaparkan, sidang isbat juga merujuk pada hasil rukyatul hilal (konfirmasi).

Baca Juga;  Menag: Awal Ramadhan Jatuh Pada 12 Maret 2024

Sesi ini terbuka untuk umum secara hybrid, luring dan disiarkan secara langsung melalui kanal YouTube Bimas Islam.

Selanjutnya, Kemenag akan menggelar sidang isbat penetapan awal Ramadhan 1445 H secara tertutup selepas shalat maghrib, hari ini, Ahad (10/3/2024).