Batu Basurek ‘Muncul’ Di Tengah Goro Kuburan Puncak Calepuk

by -2,622 views

TANAH DATAR, SUMBAR—Sebuah batu bertulis (Batu Basurek-Minang-red) ditemukan tidak sengaja oleh kelompok pemuda Jorong balimbiang, Kabupaten Tanah Datar, Sumatra Barat (Sumbar), di areal kuburan yang berlokasi di Puncak Calepuk, Jorong Balimbiang, Ahad (29/3/2020).

Saat itu, para pemuda tersebut sedang melakukan gotong royong membersihkan area pemakaman tersebut sebagai kegiatan rutin menjelang bulan suci Ramadhan..

“Iya ditemukan tidak sengaja, lokasi ditemukan dekat kuburan Angku Syekh Kiramat Abdul Wahab,” ujar salah seorang pemuda, Apry Oka kepada gardaberita.com.

Apry mengaku, pihaknya segera membawa temuan tersebut kepada perangkat Jorong untuk disimpan sementara sebagai jaga-jaga bila batu tersebut merupakan peninggalan bersejarah.

Warga imbuhnya, tidak ada yang mengetahui arti tulisan dalam batu dan berapa perkiraan umur batu dan makna dari setiap ukiran yang terdapat pada batu itu.

“Belum tau, akan kita tanyakan ke pihak yang lebih paham masalah peninggalan yang kita temukan sekarang ini”, ungkap Apry..

Pantauan gardaberita.com, batu tersebut berbentul lonjong dengan panjang kurang lebih satu meter dan pada batu tersebut terdapat ukiran seperti bunga. Masyarakat yang menemukan batu itu menyebut dengan nama Batu Basurek.

Terpisah, Badan Pengelola Cagar Budaya Sumbar-Riau-Kepri, melalui Koordinator Bidang Dokumentasi dan Publikasi, Rafki mengatakan, akan menelusuri lebih lanjut batu basurek yang ditemukan warga Jorong Balimbiang itu.

“Akan kita telusuri nanti, kita cari waktunya dulu”,singkatnya. (Mg/Luzian)

banner-idulfitri Banner-DPRD-Siak

Editor : admingardaberita

Gravatar Image
GardaBerita.com. Portal Berita Online. Cepat, Akurat