Bupati Alfedri Ingin Ujudkan Siak Tujuan Wisata Kesehatan

oleh -
bupati-siak-alfedri-meresmikan-pemakaian-laboratorium-patologi-anatomi-rsud-tengku-rafian
Bupati Siak, Alfedri meresmikan pemakaian Laboratorium Patologi Anatomi RSUD Tengku Rafi’an. (gardaberita.com/Yanti)

SIAK, RIAU (gardaberita.com) — Bertepatan Hari Kesehatan Nasional (HKN) ke-57 tahun 2021, Bupati Siak, Alfedri meresmikan pemakaian Laboratorium Patologi Anatomi (PA) RSUD Tengku Rafi’an Siak, Jumat (12/11/2021).

“Saya mengucapkan selamat Hari Kesehatan Nasional kepada bapak ibu semua. Dengan momentum HKN ini kita bisa kembali memperbaharui komitmen bagaimana kita bersama memberikan pelayanan kesehatan lebih baik kepada masyarakat,” ucap Bupati Alfedri.

Ia mengaku hampir satu setengah tahun tidak melihat ke dalam rumah sakit, disebabkan pandemi Covid-19. Namun dirinya tetap memantau pelayanan kesehatan RSUD dengan Direktur.

Baca Juga;  Didukung seluruh Kader, Alfedri Terpilih jadi Ketua DPW PAN Riau

“Semenjak Maret 2021 inilah baru nginjak kaki di RSUD. Sejak Covid-19 saya tak ada datang ke sini. Tapi tetap memantau bagaimana pelayanan kesehatan di Rumah Sakit ini berjalan optimal. Direktur nih selalu saya telepon bagaimana penanganan Covid di RSUD berjalan,” ungkapnya.

Bupati menyampaikan, pelayanan kesehatan harus mampu melakukan pembaharuan. Ada enam hal yang harus dilakukan yakni, transformasi pelayanan dasar, pelayanan rujukan, pembiayaan kesehatan, SDM kesehatan dan transformasi bio teknologi kesehatan.

Baca Juga;  Sinergi Pemkab Siak-PT BSP Bagikan Bantuan Cegah Stunting

“Kami atas nama Pemkab Siak mengapresiasi program RSUD. Hari ini menambah satu lagi laboratorium Patologi Anatomi (PA) untuk melengkapi sarana-prasarana, fasilitas alkes dan tenaganya,” sebutnya.

Ia juga mengapresiasi RSUD Tengku Rafi’an atas akreditasi-nya saat ini tipe C termasuk RSUD Paripurna.

“Kami ingin menyampaikan bahwa ke depan ini, mimpi kita bagaimana RSUD tipe C bisa menjadi rujukan regional. Warga Meranti, Bengkalis bisa dirujuk ke sini. Sehingga akreditasinya bisa ditingkatkan menjadi tipe B Tinggal kita bagaimana melengkapi fasilitas dan SDM-nya,” papar Alfedri.

Baca Juga;  Alfedri: Pekembangan Pondok Pesantren di Siak Sangat Pesat

Ia berharap bagaimana Siak ke depan bisa menjadi wisata kesehatan. Orang ke Siak berwisata sambil berobat, berobat sambil berwisata. “Ini hal yang tidak mustahil,” ujarnya.

Penulis : Yanti Sugrianti

Gambar Gravatar
Yanti Sugrianti adalah Pemred gardaberita.com. Bersertifikat Wartawan Utama dan seorang Sarjana Ilmu Komunikasi.