Bupati Asahan: Laporkan ASN yang Tak Netral pada Pemilu 2024

oleh -
bupati-asahan-h-surya-bsc-bersama-gubsu-edy-rahmayadi-senin-5-12-2022
Bupati Asahan H. Surya, BSc bersama Gubsu Edy Rahmayadi, Senin (5/12/2022).(gardaberita.com/Rial)

MEDAN (gardaberita.com) — Bupati AsahanH. Surya, BSc menandatangani pakta integritas netralitas ASN pada Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024 di Aula Tengku Rizal Nurdin Rumah Dinas Gubernur Sumatera Utara (Gubsu), Medan, Senin (5/12/2022).

Penandatanganan pakta integritas ini dipimpin langsung Gubsu Edy Rahmayadi dan diikuti seluruh kepala daerah se-Sumatera Utara.

Ikut menyaksikan, Ketua Bawaslu Provinsi Sumatera Utara (Provsu), Ketua KPU Provsu, Pimpinan Partai yang ada di Provsu, Kapolda Sumatera Utara, perwakilan Forkopimda Sumatera Utara, Ketua Bawaslu Kabupaten Asahan, Ketua KPU Kabupaten Asahan dan tamu undangan lainnya.

Baca Juga;  Ribuan Warga Asahan Ikuti Gerak Jalan Santai HUT Ke-78 RI

Di kesempatan itu Ketua Bawaslu Provsu, Syafrida R Rasahan mengatakan, penandatanganan tersebut merupakan bentuk komitmen kepala daerah untuk sama-sama melaksanakan Pemilu dan Pilkada Serentak dalam menjaga integritas dan netralitas.
Menurutnya, kehadiran ASN adalah untuk memberikan pelayanan kepada masyarakat dan memberikan kenyamanan kepada semua pihak dengan melakukan ketidakberpihakan pada siapapun.

“Dengan adanya pakta integritas ini, diharapkan adanya komitmen bersama untuk menjaga integritas ASN agar tidak dilibatkan dalam kegiatan politik, yang nantinya akan merugikan ASN itu sendiri,“ ujar Syafrida.

Baca Juga;  Daftar Nama Calon Panwaslucam Siak Yang Lolos Seleksi Adm

Sementara Gubsu Edy Rahmayadi pada pidatonya mengingatkan kepada aparatur sipil negara (ASN) untuk tidak terlibat politik praktis.

“ASN harus netral dalam Pemilu dan Pemilihan Serentak Tahun 2024, hal tersebut sesuai dengan amanat Undang-Undang Nomor 5 Tahun 2014 tentang ASN”, ucap Edy.

Edy juga mengatakan, tugas utama ASN adalah sebagai pelayan masyarakat. “Jadi sebagai ASN kita harus melayani masyarakat dengan sebaik-baiknya, bukan kita yang harus dilayani masyarakat” tegas Edy Rahmayadi.

Penulis : Rial Garda

Gambar Gravatar
Syahrial Hasibuan adalah Jurnalis gardaberita.com, Biro Kabupaten Asahan, Sumatera Utara