Bupati Siak Alfedri dan Wakilnya Husni Diberi Gelar Adat Oleh LAMR- Siak

oleh -
oleh
LAMR - Siak memberi gelar Bupati Siak Alfedri Datuk Setia Amanah, dan Wakil Bupati Siak Husni Merza Timbalan Setia Amanah.

SIAK (gardaberita.com) Bupati Siak Alfedri mendapat gelar Datuk Seri Setia Amanah dan Wakil Bupati Siak Husni Merza mendapat Gelar Timbalan Setia Amanah dari Lembaga Adat Melayu Riau (LAMR) Kabupaten Siak, Minggu (09/06/24).

Prosesi penabalan berlangsung di Gedung LAMR-Siak jalan Hang Tuah, Kelurahan Kampung Rempak, Siak. Pelaksanaan proses penabalan ini dihadiri oleh Forkopimda, LAM Riau, LAM Kabupaten Batubara, dan Lembaga Adat dari Aceh.

Selain itu tampak juga Pj Bupati Batubara, Nizhamul bersama istri Raja Arena Sumela Nizhamul beserta jajaran dan rombongan yang berjumlah 100 orang.

Baca Juga;  Siak Segera Gelar SKD CPNS. 4681 Peserta Berebut 125 Formasi.

Ketua DPH LAMR-Siak, Datuk Seri Arfan Usman mengatakan, proses penabalan gelar adat ini sangat sakral karena nilainya sebagai Bupati dan Wakil yang harus amanah, sehingga dalam proses pemberian gelar ini dilakukan melalui proses panjang dan sudah sepatutnya.

“Sebenarnya pemberian gelar adat ini sudah direncanakan sejak 2022, namun karna berbagai hal, baru hari ini bisa kita laksanakan”, terang Datuk Seri Arfan.

Baca Juga;  Bujang Kampung Bupati dan Wabup Siak Disambut Antusias Warga

Prosesi pemberian gelar adat ini dimulai dengan arakan Alfedri dan Husni beserta rombongan yang diiringi musik kompang menuju ke gedung, sesampainya di disana, disambut dengan kesenian pencak silat, kemudian acara dilanjutkan dengan penampilan tari zapin diiringi gambus dan marwas khas melayu.

“Proses intinya sangat lengkap, mulai dari pemasangan tanjak, selempang, penyerahan keris dan tepuk tepung tawar”, tutupnya

Penulis : Gantina

Gambar Gravatar
Sukma Gantina Kurnia adalah Jurnalis, editor gardaberita.com