Cerita Penyelam Tradisional, Anggota PP Siak Yang Temukan Korban Tenggelam

oleh -
oleh
Penyelam Syamsir, saat menjelaskan proses evakuasi korban tenggelam dikedalam 20 meter.

SIAK, RIAU (gardaberita.com) – Dua korban tenggelam di Sungai Siak, tepatnya di Dermaga Internasional LLASDP Siak kemarin siang pada Kamis (19/05/2022), telah ditemukan tidak jauh dari dilokasi kejadian pada Jumat (20/05/2022) siang.

Tim gabungan dari BPBD Siak, Polisi, Pemadam Siak, Basarnas, Ormas Pemuda Pancasila dan masyarakat sekitar turut mencari keberadaan korban pasca dilaporkan tenggelam.

Berbagai upaya dilakukan tim penyelamat untuk menemukan korban, mulai dari menyisir di sekitar lokasi kejadian, bahkan hingga beberapa kilo meter dari lokasi kejadian.

Baca Juga;  Bersihkan Lahan Dengan Cara Membakar, Di Penjara Terdampar

Alat yang digunakan juga beragam, mulai dari kayu panjang, jaring, hingga duri rotan, upaya penyelaman selain oleh tim Basarnas menggunakan alat selam khusus, juga dilakukan oleh anggota Pemuda Pancasila (PP) Siak menggunakan alat kompresor milik Ketua PAC PP Kecamatan Siak, Wan ZulPatah.

Hingga dihari kedua, sekira pada pukul 12.30 korban belum juga ditemukan, kemudian tim kembali melakukan penyelaman oleh salah satu anggota PP Kabupaten Siak Syamsir (45).

Baca Juga;  Riandi, Korban Ambruknya Dermaga Tj. Bhuton, Ditemukan Di Dasar Sungai

Menurut Penyelam dari Sungai Apit ini, pada saat melakukan pencarian keadaan air sedang perpindahan arus pasang ke surut, sehingga sangat memungkinkan melakukan penyelaman karena kodisi arus yang lebih tenang, jika dibandingkan saat terjadi surut atau pasang.

Gunakan TeknikWarisan Ayah

Diterangkannya, dia melakukan penyisiran bertahap dari kedalaman 15 hingga 20 m di bawah permukaaan air, kata dia, visibilitas air Sungai Siak adalah 0, artinya tidak bisa melihat sama sekali karena sangat gelap, sehinga teknik yang digunakan Penyelam turun temurun ini hanya bisa meraba dengan bantuan pemberat supaya tidak mengapung dan terbawa arus.

Penulis : Gantina

Gambar Gravatar
Sukma Gantina Kurnia adalah Jurnalis, editor gardaberita.com