Datuk Yusri Himbau Warga Tidak Malu Laporkan Keluarganya Yang Datang Dari Luar Daerah

oleh -
Sekda-Kampar
Sekda Kampar di Posko Covid-19

KAMPAR, RIAU – Salah satu cara memutus mata rantai virus corona adalah dengan karantina mandiri bagi siapa saja yang datang dari luar daerah. Untuk itu,Sekretaris Daerah Kabupaten Kampar, Datuk Yusri meminta warga tidak malu melaporkan keluarganya yang datang dari luar daerah.

“Jangan malu melaporkan. Laporan ini penting untuk keselamatan kita semua karena akan mencegah penyebarluasan covid-19”, ujar Yusri.

Dijelaskan Yusri, Kabupaten Kampar merupakan daerah berkembang yang jumlah penduduknya, kini mencapai 1 juta jiwa. Diantara mereka tak sedikit yang bekerja di luar Kampar bahkan di luar negeri. Sekarang mereka banyak yang pulang ke kampung halamannya.

Baca Juga;  Pengobatan Atlit Futsal Siak Ditanggung Penuh BP Jamsostek

“Dalam 50 hari terakhir saja tercatat sekitar 3 ribu warga kembali ke Kampar”, imbuhnya.

Dia menegaskan, masyarakat harus memahami himbauan Pemerintah terkait dengan pandemik Covid-19. Termasuk Pemerintah Daerah baik Gubernur maupun Bupati. Juga langkah-langkah yang diambil dalam memutus mata rantai penyebaran corona.

“Sekali lagi, jangan ragu dan malu apabila ada keluarga yang baru datang dari luar kota, segera laporkan ke aparatur pemerintahan untuk dilakukan pemeriksaan kesehatan”, tegasnya.

Baca Juga;  Pemkab Bengkalis Akan Lakukan Pemetaan Sebaran Covid-19

Melaporkan keluarga yang datang itu lanjutnya, bukan aib. Tetapi bagian dari usaha menjaga keselamatan dan mengutamakan kesehatan. Memang, kata Yusri, hidup atau mati itu berada di tangan Allah SWT namun kita harus selalu waspada.

“Beberapa minggu lagi akan datang Ramadhan. Pemerintah juga Majelis Ulama Indonesia telah menerbitkan edaran supaya beribadah di rumah. Tidak melakukan kegiatan balimau, dan syukuran yang mengundang orang banyak. Tolong himbauan ini dipatuhi. Nanti setelah kita berhasil mencegah corona dan Indonesia dinyatakan oleh Pemerintah bebas corona, kita kembali beraktivitas seperti biasa,”, pungkasnya. (Mg/Ta)

Penulis : Yanti Sugrianti

Gambar Gravatar
Yanti Sugrianti adalah Pemred gardaberita.com. Bersertifikat Wartawan Utama dan seorang Sarjana Ilmu Komunikasi.