Irjen M.Iqbal: Memori Saya tentang Riau Masih Hangat

oleh -
irjen-mohammad-iqbal
Irjen Mohammad Iqbal (gardaberita.com/antara)

PEKANBARU, RIAU (gardaberita.com) — Mengaku tak asing lagi dengan Provinsi Riau dan masyarakatnya, Kapolda NTB, Irjen M Iqbal menganggap tugas berikutnya sebagai Kapolda Riau seperti merasa pulang kampung.

“Riau bagi saya bukan daerah yang asing. Saya seperti pulang ke kampung halaman,” kata Iqbal saat dihubungi awak media Jakarta, Sabtu (18/12/2021) mengenai pengangkatannya sebagai Kapolda Riau menggantikan Irjen Agung Setya Imam Effendi.

Bahkan ia mengungkapkan, anak keduanya yakni Muhammad Sulthan Al-Rizky, lahir di Kota Pekanbaru. Karena itu mantan Kadiv Humas Polri ini mengaku dirinya sangat kenal dan dekat dengan Riau, baik dari aspek geografis, sosial, kultur, budaya, serta masyarakatnya.

Baca Juga;  Oknum Perwira Polda Riau Terduga Kurir Narkoba, Terancam Hukuman Berat

Iqbal kembai mengurai perjalananan karirnya di korps Tribrata di mana Riau adalah wilayah tugas pertamanya selepas Perguruan Tinggi Ilmu Kepolisian (PTIK) tahun 2000 dengan menyandang pangkat Ajun Komisaris Polisi (AKP).

Sebelum menjalani Sekolah Perwira Menengah (Sespimen) pada 2005, Iqbal mencatatkan sejumlah jabatan penting dalam durasi lima tahun yang dijalani di Riau. Di antaranya Kasatlantas di Polresta Pekanbaru, Wakapolres Dumai, serta Koorspri Kapolda Riau.

“Memori saya terhadap Riau bahkan masih sangat hangat terasa. Namun sebagai insan Bhayangkara, kehormatan kami yang utama ialah berkorban demi masyarakat, bangsa, dan negara. Saya juga mengharapkan kerja samanya dengan stakeholder, terutama masyarakat Riau untuk menerima saya kembali,” ujar Iqbal seperti dikutip sindonews.com, Sabtu (18/12/2021).

Baca Juga;  Bendahara Perguruan Tinggi Diperiksa Ditreskrimum Polda Riau Terkait Dugaan Uang 4 Miliar yang Raib

Kerja sama itu, lanjut mantan Wakapolda Jawa Timur ini, sangat penting mengingat Indonesia masih dalam suasana pandemi Covid-19. Dia pun menyatakan akan terus mengawal program pemerintah pusat dan daerah dalam penanganan Covid-19 dan pemulihan ekonomi nasional. Selain itu, isu kebakaran hutan dan lahan (karhutla) juga menjadi prioritas.

Sebelumnya, Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo melakukan mutasi besar-besaran dengan menerbitkan telegram ST/2568/XII/KEP./2021 pada 17 Desember 2021. Salah satunya nama Mohammad Iqbal, yang saat ini menjabat sebagai Kapolda NTB. Dia digeser menjadi Kapolda Riau menggantikan Irjen Agung Setya. Imam Effendi.

Baca Juga;  Pecah ! Polda Riau Sita 203 Kg Sabu, 404.491 Butir Ekstasi

Kepala Bidang Hubungan Masyarakat Polda NTB, Komisaris Besar (Kombes) Artanto mengonfirmasikan, mutasi jabatan Kapolda NTB berdasarkan yang tertuang dalam Surat Telegram Kapolri Nomor ST/2568/XII/KEP/2021. “Iya, suratnya terbit Jumat (17/12) kemarin,” kata Artanto dikutip Republika di Kota Mataram, Provinsi NTB, Sabtu. (*)