Jokowi Resmikan Tol Bangkinang – XIII Koto Kampar

oleh -
presiden-joko-widodo-didampingi-pj-gubri-sf-hariyanto-meresmikan-penggunaan-tol-ruas-bangkinang-xiii-koto-kampar-jumat-31-5-2024
Presiden Joko Widodo didampingi Pj Gubro SF Hariyanto meresmikan penggunaan Tol ruas Bangkinang - XIII Koto Kampar, Jumat (31/5/2024). (gardaberita.com/Mcr)

PEKANBARU (gardaberita.com) -Penggunaan Tol Pekanbaru – Padang ruas Bangkinang – XIII Koto Kampar, Jumat (31/5/2024) diresmikan langsung oleh Presiden Joko Widodo.

Tampak hadir saat peresmian Menteri PUPR Basuki Hadimuljono dan Menteri ATR/BPN Agus Harimurti Yudhoyono, Pj. Gubernur Riau, S.F Hariyanto dan beberapa pejabat tinggi negara dan daerah.

Presiden Jokowi mengatakan bahwa jalan tol Pekanbaru-Padang seksi Bangkinang-Pangkalan tahap 1 yaitu Bangkinang Kota Kampar telah selesai, dengan panjang 24,7 km dibangun sejak 2019-2024 dan menghabiskan anggaran Rp 4,8 triliun.

Baca Juga;  Bupati Asahan Harapkan Ketersediaan Vaksin Terpenuhi

Selain meresmikan jalan tol, Jokowi juga meresmikan perbaikan jalan daerah di Riau lewat Inpres jalan daerah sepanjang 63 km dengan total anggaran Rp369 miliar.

PT Hutama Karya (HK) telah menuntaskan pembangunan Jalan Tol Bangkinang – XIII Koto Kampar tanpa tarif sepanjang 24,7 kilo meter (Km).

Executive Vice President (EVP) Sekretaris Perusahaan Hutama Karya, Adjib Al Hakim mengatakan bahwa Open traffic perdana seksi tol ini dilaksanakan menyusul telah dikeluarkanya Sertifikat Laik Operasi (SLO) oleh Kementerian Pekerjaan Umum dan Perumahan Rakyat (PUPR) pada Selasa (28/5/2024) atas Uji Laik Fungsi (ULF) yang telah dilakukan pada (25/4/2024) lalu.

Baca Juga;  Jokowi Tegaskan Akan Kaji Lagi Biaya Haji Tahun 2023

Sebelumnya jalan tol ini telah diuji coba pengoperasiannya secara fungsional selama Mudik Lebaran 2024 lalu, yang dilalui lebih dari 37.000 kendaraan.

Kualitas jalan dan fasilitas penunjang jalan tol ini telah memenuhi Standar PelayananMinimal (SPM) yang berlaku, dengan telah diperolehnya SLO, dan selama dioperasikan secara fungsional juga zero fatality.