KPK Geledah Rumah Yasin Limpo, Bawa Mesin Penghitung Uang

oleh -
menteri-pertanian-mentan-syahrul-yasin-limpo
Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo. (gardaberita.com/detikcom)

JAKARTA (gardaberita.com) — Rumah dinas Menteri Pertanian (Mentan) Syahrul Yasin Limpo (SYL) digeledah KPK. KPK telah membawa beberapa koper hingga berkas terkait penggeledahan tersebut.

Pantauan di lokasi, Jumat (29/9/2023), tujuh mobil hitam terlihat keluar dari rumah dinas Syahrul Yasin Limpo di Jalan Widya Chandra V Nomor 28 pukul 12.11 WIB. KPK juga turut membawa koper kecil, tas, dan berkas-berkas ke dalam mobil dari kediaman Yasin Limpo.

Tampak rumah dinas Yasin Limpo tertutup sangat rapat. Sampai saat ini, SYL belum terlihat keberadaannya.

Baca Juga;  SYL Diperiksa Dewas KPK Terkait Pertemuan dengan Firli

KPK menggeledah rumah dinas Mentan Syahrul Yasin Limpo sejak Kamis (28/9/2023) sejak pukul 17.00 WIB setidaknya sudah ada dua mobil inova berwarna hitam yang sempat keluar masuk rumah. KPK pun terlihat mengeluarkan sebuah box yang merupakan mesin penghitung uang.

KPK juga sedang menganalisis keterangan 49 pejabat di Kementan, termasuk Syahrul Yasin Limpo selaku Menteri Pertanian. KPK menyatakan tengah mengusut tiga klaster dugaan korupsi di lingkungan Kementerian Pertanian.

Baca Juga;  Mentan Yasin Limpo Sebut PMK Sapi Terkendali di Aceh

Pelaksana Tugas (Plt) Deputi Penindakan dan Eksekusi KPK Asep Guntur Rahayu mengatakan, permintaan keterangan kepada Syahrul Yasin Limpo terkait klaster korupsi yang pertama. Namun demikian, sampai saat ini KPK belum mengungkap secara gamblang penyidikan terkait dugaan korupsi di Kementan.

Sementara aat ini Yasin Limpo sedang mengikuti forum tentang pangan di Roma.

Baca Juga;  KPK Sita Mobil dan Rumah Mewah Yasin Limpo di Kota Makassar

Penggeledahan di rumah dinas Syahrul dilakukan sejak Kamis (28/9) pukul 16.30 WIB. Sudah hampir 24 jam lamanya KPK menggeledah kediaman Menteri Pertanian ini.