KPK Sita Mobil dan Rumah Mewah Yasin Limpo di Kota Makassar

oleh -
kendaraan-yang-diduga-milik-mantan-menteri-pertanian-syahrul-yasin-limpo-syl-di-kota-makassar-sulawesi-selatan
Kendaraan yang diduga milik mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) di Kota Makassar, Sulawesi Selatan. (gardaberita.com/KPK)

JAKARTA (gardaberita.com) — Tiga unit kendaraan yang diduga milik mantan Menteri Pertanian Syahrul Yasin Limpo (SYL) disita tim penyidik Komisi Pemberantasan Korupsi (KPK).

Kendaraan pertama yang disita adalah satu mobil mewah Mercedes Benz Sprinter warna putih yang ditemukan di Perumahan Bumi Permata Hijau, Kelurahan Rappocini, Kecamatan Rappocini, Kota Makassar. Diduga mobil ini sengaja disembunyikan.

Kemudian di Perumahan The Orchid di Jalan Orchid Indah Kelurahan Tanjung Merdeka, Kecamatan Tamalate, Kota Makassar, tim penyidik KPK menyita mobil New Jimny warna Ivory dan satu sepeda motor Honda X-ADV 750 CC warna silver.

Baca Juga;  SYL Diperiksa Dewas KPK Terkait Pertemuan dengan Firli

Tiga kendaraan tersebut diduga sengaja disembunyikan di Kota Makassar, Sulawesi Selatan.

“Tim penyidik telah selesai melakukan penyitaan beberapa kendaraan bermotor yang diduga milik tersangka SYL,” kata Kepala Bagian Pemberitaan KPK Ali Fikri kepada wartawan di Gedung Pusat Edukasi Antikorupsi, Jakarta Selatan, Selasa (21/5/2024)

Saat ini ketiga kendaraan tersebut dititipkan di Polrestabes Makassar.

Ali menyebut, temuan ini kemudian dijadikan sebagai barang bukti dalam berkas perkara penyidikan dugaan TPPU tersangka SYL.

Baca Juga;  KPK Geledah Rumah Yasin Limpo, Bawa Mesin Penghitung Uang

Tim penyidik KPK dalam beberapa hari terakhir memang sedang melakukan pelacakan dan penyitaan aset di Sulawesi Selatan terkait dengan penyidikan dugaan pemerasan dan korupsi di Kementerian Pertanian dengan terdakwa SYL.

Pemerasan dilakukan bersama Kasdi Subagyono selaku Sekretaris Jenderal Kementan periode 2021—2023 serta Direktur Alat dan Mesin Pertanian Kementan pada tahun 2023 Muhammad Hatta sebagai koordinator pengumpulan uang dari para pejabat eselon I dan jajarannya, antara lain, untuk membayarkan kebutuhan pribadi SYL.

Baca Juga;  Syahrul Yasin Limpo Minta Jokowi Jadi Saksi Meringankan

Sebelumnya, Kamis (16/5/2024), tim penyidik KPK menggeledah rumah salah satu keluarga SYL di Jalan Letjen Hertasning, Kota Makassar.

Rumah tersebut merupakan milik adik kandung SYL, Andi Tenri Angka, suami dari almarhum Andi Darussalam Tabusala (ADS), mantan Ketua PSSI Sulsel sekaligus salah seorang tokoh olahraga di provinsi itu.