Kucing Sering Menggaruk Telinga, Awas Tungau Telinga.

oleh -
oleh
Tungau-telinga-kucing
Tungau telinga pada kucing (gardaberita - Sukma)

SIAK, RIAU (gardaberita.com) – Kucing peliharaan sering menggaruk telinga, nafsu makan menurun, keluar cairan dari telinga dan berbau tak sedap, waspada ciri – ciri kucing terinfeksi tungau telinga.

Menggaruk pada hewan seperti kucing, anjing, dan hamster merupakan prilaku normal dan lumrah dijumpai, prilaku ini diakibatkan rasa gatal yang muncul di beberapa bagian tubuhnya.

Menurut Petugas Kesehatan Hewan Dinas Peternakan dan Perikanan Kabupaten Siak, Drh Rizal, kebiasaan kucing menggaruk dibagian telinga seperti itu perlu diwaspadai.

Baca Juga;  Di Suntik Sinovac, Alfedri : Tidak sakit, Aman dan Halal

Kata dia, bisa saja ada infestasi parasit yang menyebabkan infeksi dibagian dalam telinga. Hingga menyebabkan rasa gatal yang berlebihan.

“Parasit ini dikenal dengan naman Tungau telinga (otodectes cyanotis) biasanya berada dibagian dalam telinga kucing”, kata dia kepada gardaberita.com, Kamis (11/03/2021).

Pada umumnya kucing yang mengalami infeksi parasit jenis ini, telinga bagian dalamnya terlihat kotor dan berbau tak sedap, bahkan ada yang mengeluarkan cairan berwarna hitam.

Baca Juga;  Rumah Sarinah Terbakar, Bupati Siak Telpon BAZNAS. Ini Yang disampaikannya

Halaman Selanjutnya

Terjadinya Penularan…

Halaman Selanjutnya
Terjadinya Penularan...

Penulis : Gantina

Gambar Gravatar
Sukma Gantina Kurnia adalah Jurnalis, editor gardaberita.com