Partisipasi Pemilih Di Siak Terus Menurun, Bupati Minta Parpol Masif Beri Pendidikan Politik

oleh -
Bupati dan ketua KPU Siak
Bupati Siak, Alfedri dan Ketua KPU Siak Ahmad Rizal dalam Launching Pilbup Siak 2020

Partisipasi Pemilih Di Siak Terus Menurun, Bupati Minta Parpol Masif Beri Pendidikan Politik

SIAK — Partisipasi pemilih di Siak dari tahun ke tahun terdata trend nya terus menurun. Agar pada Pilbub/wabup Siak 2020 mendatang tingkat partisipasi pemilih di Siak meningkat, Bupati Siak Alfedri meminta Partai Politik memberi pendidikan politik kepada masyarakat dengan lebih masif lagi.

Hal ini disampaikan Alfedri dalam Launching Pilbup Siak 2020 yang ditaja KPU Siak, Sabtu malam (23/11/2019) di panggung Siak Bermadah, Siak.

Baca Juga;  Pemkab Sergai Kunker Ke Siak. Gali Upaya Pelestarian Budaya Lokal.

Diapun berujar, bila partisipasi masyarakat dalam memilih pemimpinnya tinggi, maka sang pemimpin terpilih akan lebih legitimitid.

“Untuk itu, sekali lagi saya mengajak seluruh kompinen masyarakat Siak yang telah memiliki hak pilih agar menunaikan haknya ikut menciblos pada Pilbup/wabup Siak yang akan datang. Kepada Parpol mohon kiranya lebih intens dan masif lagi dalam sosialisasi dan mengajak masyarakat untuk menunaikan hak pilihnya dan tidak golput”, serunya.

Baca Juga;  Pastikan Kepatuhan Masa PPKM, Pemkab Siak Intens Monitoring

Sebekumnya, ketua Komisi Pemilihan Umum (KPU) Siak, Ahmad Rizal, membeberkan data tingkat partisipasi masyarakat Siak dalam Pilbup yang dari tahun ke tahun terus menurun.

Kata dia, tahun 2006 partisipasi pemilih Siak 72,43 persen, tahun 2011 turun menjadi 59,43 persen dan 2016 turun lagi menjadi 58,51 persen.

Menurutnya, trend tersebut harus serius disikapi semua pihak. KPU sendiri kata dia telah menyiapkan langkah-langkah guna menarik minat masyarakat pemilih menunaikannhaknya pada pilbup/wabup 2020 yang akan datang. (GB2)

Penulis : Yanti Sugrianti

Gambar Gravatar
Yanti Sugrianti adalah Pemred gardaberita.com. Bersertifikat Wartawan Utama dan seorang Sarjana Ilmu Komunikasi.