Pemkab Sergai Kunker Ke Siak. Gali Upaya Pelestarian Budaya Lokal.

oleh -
oleh
Asisten Ekbang Siak, Hendrisan foto bersama dengan rombongan kunker Pemkab Sergai

Pemkab Sergai Kunker Ke Siak. Gali Upaya Pelestarian Budaya Lokal.

SIAK – Dalam upaya menarik sekaligus melestarikan budaya lokal, khusus budaya Melayu, Pemerintah Kabupaten Serdang Bedagai (Pemkab Sergai) melalui Tim Revitalisasi Budaya Dinas Pendidikan melakukan kunjungan kerja (Kunker) ke Kabupaten Siak, Selasa (10/12).

Kunjungan berlangsung selama dua hari mulai 10 hingga 11 Desember merupakan kunjungan dari pihak berwenang dan legislatif Kabupaten Sergai.

Baca Juga;  Difasilitasi Pemkab Siak Untuk Mediasi, PT DSI Mangkir

Kadis Pendidikan Kabupaten Sergai Joni Walker menyampaikan bahwa kunker ini juga menyetujui untuk
memperkaya budaya lokal dan mempererat hubungan antara kedua daerah, karena terkait dengan kontribusi di Sergai adalah suku Melayu juga.

Sementara itu, Asisten Perekonomiam dan Pembangunan (Ekbang) Kabupaten Siak Hendrisan meminta bersyukur dan berterima kasih kepada Pemkab Sergai yang telah membawa para pekerja Budaya Sergai untuk melakukan kunjungan dalam rangka mencari dan melestarikan hubungan lokal dengan budaya Melayu.

Baca Juga;  PU Tarukim Siak Gesa Pembangunan Jalan Poros Buana Bhakti-Krinka

“Hal ini agar menjadi tolak ukur pelestarian budaya, oleh karena itu perlu dilakukan sosialisasi guna menumbuhkan kecintaan kepada seni dan budaya daerah”, ujar Hendrisan.

Lebih lanjut, Hendrisan juga menjelaskan bahwa Kabupaten Siak yang kaya akan situs budaya sebagai bukti kejayaan di zaman Kerajaan Siak dahulunya.

“Ada Istana Siak yang megah dengan julukan Istana Matahari Timur yang memikat para wisatawan. Dan Sultan Syarif Kasim II merupakan salah satu Pahlawan Nasional sebagai wujud sumbangsihnya bagi kemerdekaan Republik Indonesia dengan menyumbangkan kekayaannya sebesar 13 Juta Gulden “, ungkapnya.

Baca Juga;  Riau terpetakan Rawan Bencana, Siak Siaga

Hendrisan juga berharap Pelestarian budaya seperti ini agar lebih baik terus digalakkan guna menghindari efek negatif teknologi serta saling memperkenal budaya dari masing-masing daerah. (GB1)

Penulis : Gantina

Gambar Gravatar
Sukma Gantina Kurnia adalah Jurnalis, editor gardaberita.com