Pleno Tingkat Kecamatan Dimulai. Bawaslu Siak Fokus Hal Ini

oleh -
oleh

SIAK, RIAU (gardaberita.com) – Tiga hari usai proses pemungutan dan penghitungan suara pemilu serentak pada 14 Februari 2024, pleno rekapitulasi hasil penghitungan suara (tungsura) tingkat Kecamatan mulai digelar di Kabupaten Siak.

Kecamatan Mempura dan Kecamatan Kerinci Kanan menjadi yang pertama menggelar pleno dari 14 kecamatan yang ada di Kabupaten Siak pada Sabtu (17/2/2024) sedangkan 12 kecamatan lainnya baru memulai pleno pada Ahad (18/2/2024)

Pantauan gardaberita.com di Aula Kantor Kecamatan Mempura, lokasi dimana pleno digelar oleh Panitia Pemilihan Kecamatan (PPK) Mempura, pleno hari pertama dimulai pukul 14 00 wib.

Pleno dibuka Ketua PPK Mempura, Sukristianto dihadiri Upika dan Ketua Panwaslu Mempura, Yanti Sugrianti beserta Anggota, Junaedi dan Muhammad Haidir serta para saksi paslon, saksi parpol dan saksi perseorangan dibawah kawalan personil TNI dan Polri.

Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Zulfadhli Nugraha berharap, proses pleno rekapitulasi hasil tungsura diseluruh Kecamatan berjalan aman dan lancar.

Untuk itu kata dia, seluruh jajarannya akan mengawasi dengan ketat proses pleno dari awal hingga akhir.

“Seluruh Panwaslu dipastikan hadir dalam pleno untuk mengawasi sekaligus mencocokkan data rekapitulasi dengan data yang kita miliki sesuai salinan yang kita peroleh dari setiap TPS”, ujarnya dijumpai saat monitoring proses pleno di Kecamatan Mempura, Sabtu malam (17/2/2024).

Senada disampaikan Ketua Panwaslu Mempura, Yanti Sugrianti. Menurutnya, sejak pembukaan acara pleno dirinya bersama anggota telah hadir di lokasi pleno untuk melakukan pengawasan.

“Sejak awal kita sudah disini dan akan terus melakukan pengawasan hingga pleno selesai”, kata Yanti.

Dijelaskannya, dalam melakukan pengawasan pihaknya tidak semata ‘memelototi’ prosesnya namun juga melakukan pencocokkan data antara data yang ada pada PPK dengan salinan data yang dimiliki Panwaslu Mempura.

Penulis : Gantina

Sukma Gantina Kurnia adalah Jurnalis, editor gardaberita.com