PSBB Pekanbaru Disetujui Pusat, Kampar Bersiap

oleh -
oleh
Bupati Kampar Catur Sugeng Susanto saat teleconference bersama Gubri Syamsuar

KAMPAR, RIAU – Usulan Wali Kota Pekanbaru untuk menetapkan Pembatasan Sosial Beskala Besar (PSBB) disetujui Pemerintah Pusat. Sebagai daerah yang berbatasan langsung dengan Pekanbaru, Kabupaten Kampar pun langsung bersiap.

Persiapan meliputi kajian dan meminta arahan dari Gubernur Riau, Syamsuar.

Senin (13/4/2020), Bupati Kampar, Catur Sugeng Susanto yang juga Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanggulangan corona virus disease nineteen (Covid-19) Kampar, bersama Sekda Yusri, para asisten, staf ahli Bupati, Kepala OPD dan Gugus Tugas Penanggulangan Covid-19 Kabupaten Kampar menggelar pembahasan terkait hal tersebut bersama Gubernur Riau melalui teleconference.

“Pemkab Kampar sangat mendukung terhadap kebijakan ini (PSBB Pekanbaru) dan untuk Kabupaten Kampar sendiri kami akan kajian epidemiologi Covid-19 serta dampak sosial dan ekonomi jika PSBB diterapkan di Kabupaten Kampar”, kata Catur Sugeng kepada Gubri Syamsuar dalam rapat teleconference tersebut.

Baca Juga;  Gubri Minta KPU Aktif Sosialisasi Penggunaan Hak PIlih

Menanggapi laporan tersebut, Gubernur Syamsuar meminta Catur untuk mempersiapkan segala sesuatunya menuju usulan PSBB nantinya, seperti diantaranya membentuk desa siaga dengan relawan-relawannya serta melakukan penyuluhan kepada RT dan RW sehingga informasi bisa sampai kepada masyarakat hingga pelosok.

Selain itu, Syamsuar juga minta Catur selalu siaga dan memeriksa orang yang masuk dari luar daerah maupun luar negeri mengingat banyaknya TKI yang pulang.

Baca Juga;  Kasus Covid Meledak-Ledak, Riau Bakal Kembali Terapkan PSBB

Syamsuar juga menekankan agar menjaga rakyat dengan baik serta memperhatikan yang terpapar covid-19, maupun yang terdampak dari sisi ekonomi.

“Untuk itu kepada pemerintah daerah agar melakukan refocusing dan realokasi dana dalam rangka menanggulangi kesulitan masyarakat yang terdampak corona ini,” pinta Gubernur.

Mengaminkan arahan Gubri, Catur berjanji segera melakukan persiapan dan pembentukan desa siaga. Sedangkan bantuan untuk masyarakat terdampak, kata dia, pihaknya telah melkasanakannya dengan besaran Rp.150 juta per desa sebagaimana arahan Gubernur Riau, Syamsuar. (GB1)

Penulis : Gantina

Gambar Gravatar
Sukma Gantina Kurnia adalah Jurnalis, editor gardaberita.com