Tentara Zionis Israel Serang Jemaah Salat Iedul Adha

oleh -
tentara-israel-menyerang-jemaah-palestina-yang-hendak-melaksanakan-salat-idul-adha-di-masjid-al-aqsa
Tentara Israel menyerang jemaah Palestina yang hendak melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Al-Aqsa. (gardaberita.com/International Crisis Group)

PEKANBARU (gardaberita.com) — Militer Israel tak kenal rasa hormat. Tanpa rasa kemanusiaan pasukan Israel menyerang jemaah yang dalam perjalanan ke Masjid Al-Aqsa, Minggu (16/6/2024).

Pada dini hari, pasukan Israel juga menyerbu halaman masjid, memeriksa identitias orang-orang di dalam, mengganggu pergerakan jemaah, dan melarang sejumlah besar pemuda masuk.

Dinas Pertahanan Sipil Gaza mengatakan bahwa mereka menemukan dua mayat dan sejumlah orang terluka menyusul pemboman Israel terhadap sebuah rumah dekat Al-Baraka di lingkungan Sheikh Radwan di Kota Gaza saat fajar hari ini.

Dilansir Middle East Eye, pasukan Israel memaksa jemaah yang hendak masuk untuk salat di luar gerbang masjid.

Dikutip dari tribunnews, lebih dari 40.000 jemaah melaksanakan salat Idul Adha di Masjid Al-Aqsa di Yerusalem timur, meskipun ada pembatasan.

Sementara, di Jalur Gaza, ratusan jemaah melaksanakan salat Idul Adha di tengah puing-puing rumah yang hancur akibat serangan militer Israel.

Di Al-Aqsa, militer Israel dilaporkan mencegah puluhan jemaah Palestina yang hendak memasuki masjid untuk melaksanakan salat Idul Adha,

Di hari yang sama, pasukan Israel menangkap empat warga Palestina, termasuk seorang anak di bawah umur, dari desa al-Mughayyir, timur laut Ramallah, Tepi Barat yang diduduki.

Sumber lokal mengatakan kepada WAFA, pasukan Israel menggerebek desa tersebut.

Mereka lalu menangkap empat orang, termasuk seorang anak berusia 7 tahun, dan menggeledah beberapa rumah.

Pasukan Israel juga mendirikan pos pemeriksaan di pintu masuk barat desa, menghalangi akses keluar dan masuk.