Tersangka Korupsi 78 T Surya Darmadi Dijemput di Bandara

oleh -
surya-darmadi-tiba-di-bandara-soetta
Surya Darmadi tiba di Bandara Soetta. (gardaberita.com/cnbc)

UraJAKARTA (gardaberita.com) –Surya Darmadi tersangka korupsi lahan sawit PT Duta Palma senilai Rp 78 triliun pulang ke Indonesia. Ia dijemput petugas Kejaksaan Agung di bandara Soekarno-Hatta Cengkareng. Darmadi disebut berangkat dari Taipe China, Senin (15/8/2022).

Darmadi tiba di Kejaksaan Agung pada pukul 13:57 WIB mengenakan kemeja putih.

Jaksa Agung Sanitiar Burhanuddin menegaskan, pihaknya telah melakukan penjemputan hari ini terhadap tersangka Surya Darmadi dari bandara Soekarno-Hatta Cengkareng.

“Hari ini kami melakukan penjemputan atas nama tersangka SD dan sebelumnya SD ini 2 minggu lalu berkirim surat pada kami dalam rangka menyerahkan diri dan ditindaklanjuti dengan pengacaranya. Alhamdulillah pada pukul 13:30 WIB dengan menggunakan penerbangan China Airlines C1761 dan mendarat di Cengkareng,” ujarnya dalam konferensi pers di Kejaksaan Agung, Jakarta, Senin (15/8/2022).

Baca Juga;  Mantan Kades di Siak Ini Jadi Tersangka Korupsi

Burhanuddin menyebut, Kejagung akan segera melakukan pemeriksaan lebih lanjut dan melakukan penahanan terhadap tersangka selama 20 hari.

“Hari ini kami melakukan pemeriksaan tersangka SD dan kami akan melakukan penahanan untuk 20 hari,” tegasnya.

Surya Darmadi, pendiri PT Duta Palma Group dijemput karena adanya komunikasi antara Tim Penyidik Kejaksaan Agung dengan Tim Penasihat Hukum Darmadi semenjak 2 minggu lalu.

Baca Juga;  Alfedri dan Komisi IV DPR Bahas Peremajaan Sawit Rakyat

Darmadi sebelumny tidak memenuhi panggilan Tim Penyidik pada Jaksa Agung Muda Tindak Pidana Khusus (JAM PIDSUS) yang disampaikan secara patut sebanyak 3 kali bahkan tim penyidik juga telah mengumumkan surat pemanggilan kepada yang bersangkutan melalui surat kabar harian nasional.

Penyidik Kejagung diketahui sebelumnya telah mengirimkan surat panggilan ke 3 alamat tersangka kasus PT Duta Palma, Surya Darmadi. Penyidik juga mengirim surat panggilan ke alamat Surya Darmadi di Singapura, tapi hasilnya nihil.