Disbun Riau Gelar Pelatihan Manajemen Keuangan Petani Sawit

oleh -
kepala-dinas-perkebunan-provinsi-riau-syahrial-abdi-saat-membuka-pelatihan-manajemen-keuangan-dan-administrasi-bagi-petani-sawit
Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Syahrial Abdi saat membuka pelatihan manajemen keuangan an administrasi bagi petani sawit. (gardaberita.om/MCR)

PEKANBARU (gardaberita.om) – Dinas Perkebunan Provinsi Riau bersama Badan Pengelola Dana Perkebunan Kelapa Sawit (BPDPKS), Ditjen Perkebunan, dan IPB Training menggelar pelatihan Manajemen Administrasi dan Keuangan petani sawit.

Acara ini digelar di Pekanbaru, Riau, pada 22-25 April 2024.

Saat membuka pelatihan ini Senin (22/4/2024) Kepala Dinas Perkebunan Provinsi Riau, Syahrial Abdi, AP, MSi mengatakan, kegiatan peningkatan kapasitas SDM di sektor perkebunan kelapa sawit ini, untuk memperbaiki tata kelola manajemen administrasi dan keuangan bagi petani sawit.

Baca Juga;  BBPVP Medan - Pemkab Asahan Bahas Kerjasama Pelatihan SDM

“Pelatihan ini untuk meningkatkan kemampuan manajemen administrasi dan keuangan bagi pengurus koperasi dan petani sawit di Riau,” kata Syahrial Abdi di Pekanbaru, Senin.

Ia enjelaskan bahwa pelatihan ini diikuti para petani dari berbagai kabupaten. Antara lain angkatan I dari Kabupaten Kampar sebanyak 34 peserta. Lalu, Angkatan II dari Kabupaten Rokan Hulu, 31 peserta, dan dari Kabupaten Siak 30 peserta.

Baca Juga;  Bupati Alfedri Narsum Monitoring & Pelatihan di Baznas

Dijelaskan dia, hasil dari pelatihan ini untuk menciptakan SDM perkebunan kelapa sawit yang unggul. Selain itu, juga agar mampu meningkatkan penghasilan bagi petani kelapa sawit.

Ketua Tim narasumber IPB University Dr Ir Dwi Rachmina, MSi mengatakan, modul pelatihan yang diberikan yakni, pembukuan, administrasi keuangan, pengelolaan kredit (pengajuan, pengembalian), penyusunan proposal usaha. Kemudian, ada pula pelatihan administrasi produksi, mekanisme penetapan harga TBS (MPT KM) dan pengelolaan simpan pinjam.

Baca Juga;  Sekda Drs Asra Buka Pelatihan Penyelenggaraan Fardhu Kifayah

“Pengembangan SDM ini adalah tentang manajemen dan administrasi keuangan tentu saja banyak hal yang diperlukan dalam pengembangan sdm ini. Sehingga bisa bermanfaat bagi petani kelapa sawit,” ucapnya.