DPMPTSP Siak Layani 77 Jenis Perizinan OSS. Jadi Rujukan

oleh -
oleh
presentasi-pelayanan-terpadu-siak
Kepala DPMPTSP Siak, Heryanto bersama Sekda Siak, Arfan Usman saat presentasi di kemneterian Investasi/BKPM secara virtual (gardaberita-Humpro)

SIAK, RIAU (gardaberita.com) – Sejak dibentuk pada 2009 silam dengan 24 jenis izin usaha, kini, Dinas Penanaman Modal Perizinan Terpadu Satu Pintu (DPMPTSP) Kabupaten Siak telah melayani 77 jenis perizinan Online Single Submission (OSS) mencakup layanan izin usaha, izin komersial maupun izin operasional.

Hal tersebut, diungkap Kepala DPMPTSP Siak, Heryanto dalam presentasinya di hadapan Kementerian Investasi/ Badan Koordinasi penanaman Modal terkait pelayanan terpadu di Siak.

Dalam presentasi sempena penguatan atas terpilihnya Siak sebagai nominator 25 terbaik Nasional Pelayanan Terpadu Satu Pintu dan dan Percepatan Pelaksanaan Berusaha (PPB) tersebut, Heryanto memaparkan sejarah terbentuknya PTSP, sistim pelayanan hingga latar belakangnya.

Baca Juga;  PTSP & PPB Siak Masuk Nominasi 25 Terbaik Nasional

“Pelayanan Terpadu Satu Pintu dibentuk 12 Tahun yang lalu di Negeri Istana, mengingat besarnya peluang berinvestasi di Kabupaten Siak yang berada di kawasan Hinterland area daerah kerjasama Ekonomi Regional SIJORI, yakni Singapura, Johor dan Riau”, ujar Hery mengawali paparan

Selain itu,lanjutnya, Siak termasuk dalam kawasan pertumbuhan ekonomi Indonesia-Malaysia-Thailand Growth Triangle (IMT-GT) serta memiliki Kawasan Industri dan Pelabuhan Tanjung Buton.

Untuk menjangkau dan memaksimalkan potensi dan peluang Investasi yang dimiliki Kabupaten Siak dengan luas wilayah 8.556,09 Km serta terdiri dari 14 kecamatan dan 131 kampung/ kelurahan tersebut, imbuhnya, DPMPTSP Siak telah melakukan berbagai inovasi berbasis IT diantaranya melalui aplikasi perizinan online untuk pemenuhan komitmen perizinan melalui OSS, sistem layanan pengaduan online, tanda tangan elektronik dan sertifikat perizinan digital, SMS notifikasi dan whatapps serta kedai pelayanan perizinan berusaha di kecamatan.

Baca Juga;  Masuk 9 Besar PTSP & PPB, DPMPTSP Siak Jalani Uji Petik

Sejumlah perbaikan kata dia juga telah dilakukan DPMPTSP untuk meningkatkan pelayanan, diantaranya dengan menyediakan layanan mandiri, layanan berbantuan, dan layanan prioritas, melakukan sosialisasi pelayanan perizinan berusaha melalui OSS, memberikan pelatihan OSS kepada petugas operator kecamatan, fraud control plan (FCP), dan integrasi aplikasi perizinan dengan aplikasi pajak daerah.

Hasilnya, lanjut dia, pada tahun 2020 yang lalu, realisasi investasi yang berhasil dicapai DPMPTSP Kabupaten Siak sebesar Rp. 3.750. 730.740.000 dari target yang ditetapkan sebesar Rp. 1.100.000.000.000.

Penulis : Gantina

Gambar Gravatar
Sukma Gantina Kurnia adalah Jurnalis, editor gardaberita.com