Implementasikan UU KIP, Bawaslu Siak Raih KI Award

oleh -
ketua-bawaslu-siak-menerima-ki-award-2022
Ketua Bawaslu Sak, Moh.Royani saat menerima anugerah KI Award 2022 dari KI Riau, Senin (12/12/2022) di Pekanbaru. (Gardaberita/foto. dok.Bawaslu Siak)

SIAK, RIAU (gardaberita.com) – Dinilai telah patuh dan mengimplementasikan Undang Undang Keterbukaan Informasi Publik (UU KIP) dalam kinerjanya, Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siak diganjar KI Award kualifikasi menuju informatif oleh Komisi Informasi (KI) Provinsi Riau.

KI Award berupa piagam dan piala tersebut diterima langsung oleh Ketua Bawaslu Kabupaten Siak, Moh. Royani, Senin (12/12/2022) dalam ceremony acara di Hotel Mutiara Merdeka, Jalan Yos Sudarso, Pekanbaru.

Usai menerima anugerah, Moh Royani mengaku sangat senang atas raihan tersebut. Dia menyampaikan rasa syukurnya kepada Allah SWT dan berterimakasih kepada KI Riau serta segenap Pimpinan Bawaslu Siak dan jajaran, khusunya tim kehumasan yang telah bertungkul lumus dalam mengimplemetasikan keterbukaan informasi publik.

Baca Juga;  Pilkada 2020 KPU Siak Dibekali Anggaran Rp.26,5 Milyar

“Semoga ke depannya lebih baik lagi dalam memberikan akses dan transformasi infomasi kepada publik”, harapnya.

Sementara itu, Ketua KI Riau Zufra Irwan yang dihubungi gardaberita.com melalui selularnya mengatakan, KI Riau Award digelar setiap tahun dan bertujuan untuk mewujudkan keterbukaan informasi publik menuju Riau unggul.

Dijelaskannya, KI Riau Award pada tahun 2022 ini ada 11 kategori yakni kategori Partai Politik, Instansi vertikal, Pemerintah Kab/Kota, BUMD, Perguruan Tinggi, Penerima Hibah, OPD (PPID, Pembantu), Achievement Motivation Person, KPU Kab/Kota, Bawaslu Kab/Kota dan Desa.

Baca Juga;  Tips Pengawasan Ala Alnofrizal, Kenali ‘Musuhmu’

Ditegaskan Zufra, anugerah KI Riau Award tidak serta-merta diberikan melainkan menempuh berbagai tahapan untuk mengukur kepatuhan badan publik yang telah mengimplementasikan undang-undang keterbukaan Informasi Publik.

“Komisi informasi Riau telah melakukan monitoring dan evaluasi serta pemeringkatan kepada seluruh badan publik di provinsi Riau melalui uji kelayakan dan kepatuhan badan publik secara transparan dan terbuka serta melakukan pengawasan terkait keterbukaan Informasi Publik “, ungkapnya.

Penulis : Yanti Sugrianti

Gambar Gravatar
Yanti Sugrianti adalah Pemred gardaberita.com. Bersertifikat Wartawan Utama dan seorang Sarjana Ilmu Komunikasi.