Optimalisasi Pengawasan Coklit dan Verfak Dukungan DPD

oleh -
bimtek-pengawasan-coklit-dan-verfak-bawaslu-siak
Bimtek pengawasan coklit dan verfak pencalonan anggota DPD yang digelar Bawaslu Siak (gardaberita/Yanti)

SIAK, RIAU (gardaberita.com) — Badan Pengawas Pemilu (Bawaslu) Kabupaten Siak terus mengoptimalkan pengawasan tahapan pencocokan dan penelitian (coklit) data pemilih dan verifikasi faktual (verfak) dukungan anggota Dewan Perwakilan Daerah (DPD) dengan berbagai upaya.

Salah satu upaya dengan memberi bekal dan pengetahuan pengawasan kepada seluruh anggota Panwaslu Kecamatan melalui bimbingan teknis (Bimtek) coklit data pemilih dan verfak serta vermin dukungan anggota DPD.

Bimtek yang menghadirkan nara sumber dari Bawaslu Provinsi Riau, KPU dan Disdukcapil Siak tersebut digelar dua tahap di dua lokasi berbeda.

Baca Juga;  Ayo Daftar ! KPU Riau Buka Pendaftaran KPPS. Ini Syaratnya

Tahap pertama, khusus Bimtek vermin dan verfak syarat dukungan pencalonan anggota DPD digelar pada Senin (13/2/2023) di Hotel Grand Mempura, kecamatan Mempura yang dibuka koordinator divisi (kordiv) hukum dan penyelesaian sengketa, Salmon Daliyoto.

Salmon menegaskan agar seluruh anggota Panwaslu Kecamatan dan jajarannya dapat melakukan pengawasan yang efektif dan efisiens dengan mengedepankan komunikasi dua arah yang sehat dengan PPK dan jajarannya.

Baca Juga;  Tugas, Wewenang Dan Kewajiban Panwaslu Kecamatan
pemaparan-materi-oleh-anggota-bawaslu-riau-amiruddin-sijaya
pemaparan materi oleh anggota Bawaslu Riau, Amiruddin Sijaya dalam Bimtek yang digelar Bawaslu Siak, Kamis (16/2/2023)

Agar pengawasan optimal, lanjutnya, maka pemahaman tentang seluk beluk verfak dan objek pengawasan menjadi hal yang wajib dipahami setiap anggota panwaslu disemua tingkatan.

“Untuk itulah, kita gelar bimtek ini sebagai bekal dalam melakukan pengawasan”, tegasnya.

Tahap kedua, bimtek pencocokan dan penelitian (coklit) daftar pemilih serta penguatan partisipasi masyarakat (parmas) dan hubungan masyarakat (humas) yang digelar dua hari mulai Kamis hingga Jum’at (16-17/2/2023) di Hotel Grand Royal kecamatan Siak.

Baca Juga;  Pendaftaran Paswascam Dimulai. Royani Himbau Pendaftar Serahkan Berkas Sejak Dini

Bimtek gelaran Kordiv Pencegahan Parmas dan Humas ini dibuka Ketua Bawaslu Siak, Moh.Royani dan menghadirkan nara sumber anggota Bawaslu Riau, Amiruddin Sijaya.

Amiruddin menjelaskan, coklit merupakan bagian penting dalam penyusunan data pemilih. Untuk itu, prosesnya harus benar-benar diawasi agar hak suara masyarakat terjaga.

Penulis : Yanti Sugrianti

Gambar Gravatar
Yanti Sugrianti adalah Pemred gardaberita.com. Bersertifikat Wartawan Utama dan seorang Sarjana Ilmu Komunikasi.