UI Bawa Calistung Ke Suku Anak Dalam. Ini Misinya

oleh -
Potret-Suku-Anak-Dalam
Ilustrasi Suku Anak Dalam (Istimewa)

MAROS, SULSEL (gardaberita.com) – Dengan mengusung Rumah Cerdas Mengapoi Cito, Universitas Indonesia melalui Direktorat Pengabdian dan Pemberdayaan Masyarakat, Ahad (15/11/2020) menyambangi Suku Anak Dalam di Hutan Kawasan Terpadu Suku Desa Lubuk Jering, Kecamatan Air Hitam,

Sri Murni, Inisiator rumah cerdas sekaligus Ketua Tim Pengabdi dari Universitas Indonesia, Sri Murni menyebut, dalam giat tersebut pihaknya bekerjasama dengan Dinas Lingkungan Hidup Provinsi Jambi.

Misinya adalah mengajarkan Suku Anak Dalam membaca, menulis dan berhitung (Calistung).

Baca Juga;  Rini Syarifah Buka Workshop K3TK. Ini Harapannya

“Rumah Cerdas Mengapoi Cito, adalah sebuah program pendidikan yang menawarkan perpaduan belajar sambil bermain bagi anak-anak khususnya. Kegiatan Calistung ini sebagai dasar pengetahuan”, ujar Sri.

Selain Calistung, imbuhnya, pihaknya juga mendongeng, mengajak menyanyi, dan bermain permainan tradisional serta menggambar.

“Rumah Cerdas Mengapoi Cito merupakan replikasi sembilan rumah cerdas lainnya yang tersebar diseluruh Indonesia sebagai upaya peningkatan kapasitas pengetahuan, wawasan, dan keterampilan masyarakat Suku Anak Dalam demi kemajuan suatu peradaban masyarakat.”, imbunya.

Baca Juga;  PB PGRI Anugerahkan Alfedri Penghargaan Dwija Praja Nugraha

Kata dia, Tim Relawan rumah cerdas tidak hanya terdiri dari dosen atau mahasiswa Universitas Indonesia tetapi juga merekrut sarjana maupun mahasiswa perguruan tinggi setempat dimana lokasi rumah cerdas didirikan.

“Kali ini Rumah Cerdas Mengapoi Cito melibatkan pula warga Suku Anak Dalam untuk dilatih menjadi kader yang kelak dapat melanjutkan program rumah cerdas tanpa bergantung lagi kepada Universitas Indonesia”, bebernya.(Purwadi)